Minggu, Juli 11, 2010

pengantar grafika komputer pada pascal

bagi yang suka koding pake pascal [ si bahasa pemrograman yg udah tua bangka itu] hahaha, kalian nggak perlu cemas, kita tetep bisa bikin karya yg ada hubungannya sama grafika komputer . . :D 
jadi tak perlu cemasss, lagian logikanya lumayan gampang kok :)


pastikan setiap mau bikin, ada kode buat inisial grafik seperti ini :



uses graph,crt;
procedure init();
var gd, gm : integer;
begin
gm:=detect; gd:=0;
InitGraph(gd,gm,'');
if GraphResult <> grOk then
begin
Writeln('Graph driver ',gd,' graph mode ',gm,' not supported');
Halt(1);
end;
end;

procedure destroy();
begin
closegraph;
end;





nah, , , sekarang kita akan mulai membahas titik koordinat.

saya yakin anda trbiasa memakai Koordinat Kartesius, jadi untuk memahami koordinat layar ini juga tidak membutuhkan waktu lama :)
bedanya cuma terletak di Y. jika pada koordinat kartesius, titik ke atas, maka Y positif, maka sebaliknya, pada koordinat layar, titik kebawah, maka Y positif.  


coba dipahamin dulu, , ntar baru lanjouuuuuuddd :D 

0 comments:

Posting Komentar

silahkan berkomentarrrrr